Rabu, 08 Januari 2014

Manfaat Spirulina

Pada Katalog Produk Golden Life, terdapat Sabun Kesehatan GOLDEN SOAP yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas seperti Chlorophyll, Spirulina, Olive Oil, dan Aloe Vera. Golden Soap memberikan nutrisi yang sangat diperlukan bagi kulit dan dapat digunakan setiap hari sebagai sabun mandi yang aman untuk kulit dan tidak menimbulkan iritasi, dan kulit kering.
Kali ini kita akan membahas tentang salah satu unsur yang terdapat pada Golden Soap yaitu SPIRULINA


Spirulina adalah tumbuhan Mikro Ganggang Hijau yang telah hidup sejak 3,6 milyar tahun yang lalu. Spirulina merupakan sumber nutrisi alami yang paling lengkap dibandingkan dengan sumber nutrisi lain yang pernah ada.
SPIRULINA mengandung 65-71% protein lengkap, semua asam amino esensial, 19% karbohidrat dan 8% mineral. Meiliki kandungan Folate (68x bayam), Beta Carotene (25x wortel), GLA (3x EPA) yang dapat menurunkan kolesterol jahat, Vitamin B12 (2x hati sapi), Calsium (10x susu), Vit E (3x wheat germ), zat besis (58x bayam), protein (3,5x daging sapi), dan 15 jenis mineral. Spirulina juga mengandung potasium, zine, magnesium, jual Spirulina, beli Spirulinamangan, selenium dan fosfor.
Spirulina juga mengandung anti oksidan C, B1, B5 and B6, mineral zinc, manganese, copper, amino acid methionine, beta-carotene dan vitamin E. Kandungan khusus spirulina adalah gamma-linoleic acid yang hanya ditemukan pada biji-bijian dan buah-buahan. Gamma linoleic-acid sangat bermanfaat untuk menjaga antara sel kulit dan otot, bahan penting untuk susunan membran sel baru. Spirulina mengandung 18 asam amino yang sangat bermanfaat bagi otot dan kulit.


Beberapa Hasil Penelitian menunjukkan manfaat Spirulina terhadap :
  • Anemia; Percobaan pada hewan menunjukkan spirulina meningkatkan hematopoiesis (pembentukan sel darah merah). Ini diyakini karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya.
  • Reaksi alergi ; Percobaan menunjukkan spirulina dapat melawan reksi alergi dengan mencegah pelepasan histamin (zat yang menyebabkan gejala alergi, seperti hidung tersumbat, mata berair, dsb).
  • Penyakit yang berhubungan dengan penggunaan antibiotik; Spirulina dinilai lebih efektif jika dikombinasikan penggunaannya dengan antibiotik tersebut, karena meskipun antibiotik menghancurkan organisme yang merugikan dalam tubuh, antibiotik juga dapat "membunuh" bakteri "baik" yang disebut probiotik (seperti Lactobacillus acidophilus) yang kadang-kadang dapat menyebabkan diare. Pada percobaan klinis ditemukan spirulina dapat meningkatkan pertumbuhan L.acidophilus dan probiotik lain.
  • Infeksi; Beberapa percobaan juga menunjukkan spirulina memiliki kemampuan melawan infeksi akibat herpes, influenza, cytomeglovirus, dan HIV.
  • Kanker mulut; Dalam suatu penelitian, 87 orang yang mengunyah tembakau dan mempunyai precancerous lesion (leukoplakia) diberi spirulina atau placebo secara acak. Lesi(luka pada mulut) pada pemakai spirulina lebih terbantu untuk sembuh daripada pemakai placebo.
  • Kerusakan Liver; Spirulina dapat membantu melawan perusakan lever dan cirrhosis (gagal lever) pada hepatitis kronis.
  • Kesehatan kulit; sehubungan dengan sifat melembabkan dan mengencangkan, dan komponen yang diturunkan dari spirulina memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi inflamasi, seperti arthritis.

Spirulina memang bahan yang penuh manfaat, selain untuk dikonsumsi sebagai penunjang kesehatan dan membantu penyembuhan berbagai penyakit/keluhan, spirulina juga amat baik untuk digunakan pada kulit dalam bentuk sabun ataupun masker.
Sekian. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar