Rabu, 18 Desember 2013

Cara Hidup Sehat

Apa sihh SEHAT itu ?
Secara umum dikatakan bahwa > Sehat adalah keadaan seseorang secara jasmani dan rohani serta lingkungan sosialnya pada tahap yang baik dan normal
Hidup sehat adalah kebutuhan setiap manusia, kesadaran akan menjaga kesehatan cerminan dari sikap bertanggung jawab baik terhadap pribadi masing-masing maupun lingkungannya, bertanggung jawab artinya ada kemauan untuk merawat diri secara jasmani dan rohani serta peduli terhadap lingkungan sosialnya.

Jadi bagaimana cara hidup sehat ?
Ini beberapa resepnya
1.  Sarapan Pagi
Faktor kebiasaan, kesibukan dan waktu membuat hal yang satu ini sering terlewatkan, padahal dengan sarapan pagi tubuh kita akan terasa segar dan lebih siap untuk beraktivitas. Pilihlah menu sarapan pagi dengan makanan yang bernutrisi dan berserat tinggi serta dalam jumlah yang cukup.
Sayuran dan buah-buahan merupakan pilihan terbaik

2. Olah Raga 
Tubuh kita memerlukan gerak setiap harinya untuk membantu membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh. Olah raga juga akan membantu mengencangkan otot-otot tubuh, menguatkan jantung dan melancarkan peredaran darah. Selain pengaruhnya terhadap jasmani olah raga juga membantu mengurangi depresi, memulihkan fungsi otak, dan menyegarkan pikiran. 
Pilihlah olah raga yang ringan seperti senam dan joging pada pagi hari, atau olah raga yang anda sukai seperti tennis, sepak bola, renang, dll pada sore hari. Lakukan semua dengan teratur dalam volume yang wajar

3. Mengkonsumsi air secara cukup
Tubuh orang dewasa sekitar 60 - 70% terdiri dari air. Air berperan penting dalam membantu proses metabolisme tubuh. Jumlah air yang dibutuhkan manusia disesuaikan dengan tingkat aktivitas seseorang, suhu dan kelembaban lingkungan, namun tubuh memerlukan sekurangnya 2 - 2,5 liter air atau sekitar 8 gelas perharinya.
Sangat disarankan bagi anda untuk mengkonsumsi air yang bersih, sehat, dan mengandung mineral alami.

4. Makan Makanan Bergizi Secara Seimbang
Makanan gizi seimbang adalah makanan beraneka ragam  yang dikonsumsi sehari-hari dengan nilai gizi cukup, artinya tidak kekurangan ataupun berlebihan. Makanan yang kita konsumsi harus mempunyai nilai gizi seperti karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein, mineral, vitamin, dll.
Kalau pola makan anda belum mampu mencukupi asupan gizi secara baik, disarankan untuk mengkonsumsi suplemen secara tepat, baik jenis maupun takarannya.

 5. Menghindari Stress
Stress adalah reaksi seseorang terhadap tuntutan yang datang dari luar atau dalam pikiran individu itu sendiri. penyebab stress ini bisa datang dari luar maupun dari dalam. Stress dari lingkungan mungkin disebabkan karena kebisingan, kemacetan lalu lintas, polusi, dan segala macam gangguan lain. Stress dari dalam disebabkan karena luka atau penyakit tertentu, ketegangan pikiran, masalah pekerjaan atau keluarga. Bagaimana cara mengatasinya, yaitu kenali penyebabnya kemudian cari jalan keluarnya, atau konsultasi dengan para ahli.  Menghindari stress juga bisa dengan cara berpikir positif, relaksasi dan terus tersenyum.

6. Tidur Yang Cukup
Tidur memberikan kesempatan kepada bagian-bagian tubuh untuk merefresh fungsinya setelah dipakai dalam beraktivitas seharian. Tidur yang baik bukan dilihat dari lamanya tetapi dari kualitas tidur itu sendiri. Tapi pada dasarnya orang dewasa memerlukan waktu antara 6 - 8 jam untuk tidur. Tidur yang baik dan bermanfaat mencegah hipertensi, obesitas, stroke, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit lainnya

7. Menjaga Spiritualitas
Bagi kita umat beragama, menjaga hubungan yang baik dengan Sang Pencipta, selain merupakan sebuah kewajiban, juga bisa memberi manfaat kesehatan secara lahiriah maupun batiniah. Bahkan dengan terapi khusus, banyak sekali penyakit berat dan kronis yang bisa disembuhkan. Dalam hal ini bahkan saya meyakini bahwa cara ini merupakan aspek yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kita.

Demikian beberapa tips sederhana menuju pola hidup sehat. Barangkali anda punya resep tambahan yang lain ? Silakan share disini.....
Dengan hidup sehat maka hidup kita lebih teratur, segar dan bugar. Dengan  hidup sehat kita juga dapat meningkatkan kinerja, selalu berpikiran positif baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar sehingga terjadi interaksi sosial yang baik. 
Semoga kita termasuk orang yang mempunyai pola hidup sehat, semoga bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar