Rabu, 07 Mei 2014

Kekurangan Dan Kelebihan Bisnis MLM

p_kelebihan_dari_berbisnis_mlm



Dalam berbagai macam bisnis, pastilah memiliki segi kelebihan dan kekurangan. Secara normal, bisnis itu akan baik dan dipercaya apabila sisi kekurangannya jauh lebih kecil dari kelebihannya. Kali ini akan dikupas secara terbuka dan seimbang tentang kekurangan dan kelebihan bisnis MLM.

KEKURANGAN  :

1. Sistem yang lebih menghasilkan,lebih disukai

Pandangan seperti ini jangan ditiru, karena bila kita Cuma bertahan dalam satu produk saja, yang dimana kita merasa produk ini bagus buat kita maupun konsumen hanyalah membuat kita mati suri. Karena kita mengandalkan satu perusahaan saja,sudah merasa nyaman akan hasil yang dicapai. Lebih baik mencari sampingan sebagai member lain, hal ini dapat membangun jiwa leadership dan kewirausahaan anda. Sehingga nanti setelah tidak lagi menajdi member MLM,bisa juga membuat usaha sendiri dengan menggunakan sistem yang sama tetapi bisa lebih baik.

2. Harga Produk lebih mahal

Tahu kah kalian,mengapa harga produk jauh lebih mahal? Hal ini dikarenakan pengalihan biaya promosi ke biaya reward untuk para member yang sudah melampaui beberapa level yang disediakan. Sebagai gambaran, kalau perusahaan A memanfaatkan promo melalui distributor dilapangan kemungkinan barang dari perusahaan A melewati beberapa distributor. Perusahaan Aà distributor à grosir à eceran/retail à konsumen. Berbeda dengan menggunakan strategi MLM,meski ketercapain produk ke konsumen lebih cepat, tetapi jalan untuk mencapai ke konsumen melalui beberapa level member. Hal ini yang menyebabkan biaya membengkak,karena digunakan untuk reward setiap member yang berhasil dalam penjualan produk.

3. Devisa negara semakin hilang

Karena kebanyakan produsen MLM adalah perusahaan dari luar negeri. Ini mengakibatkan proses perekonomian dan hasil keuntungannya lari ke kas luar negeri.

4. Bisa mengganggu orang lain

Up line dan sistem MLM biasanya mengajarkan untuk merayu konsumen,kadangkala ada yang mengajarkan untuk bagaimana caranya biar si calon member minimal bisa
Dalam berbisnis sering kita melihat dari sisi untung atau sisi ruginya. Karena suatu usaha yang dicari pada hakekatnya adalah pasive income atau titik nyaman usaha.


KELEBIHAN :

1. Jumlah investasi yang rendah
Mengapa bisa dikatakan investasi rendah? Karena MLM menganut sistem pemasaran langsung maka tidak perlu biaya besar, hanya memanfaatkan member-member yang ada. Maka biaya pangkas pemasaran ini kebanyakan dimasukkan dalam anggaran reward bagi member. Member hanya dikenakan biaya regestrasi untuk menjadi member, minimum dikenakan puluhan ribu dan maksimal hingga jutaan rupiah.

2. Resiko yang minimun
Karena sistem dari perusahaan sudah jadi dan sudah bisa didupikasikan ke semua member, hal ini yang menyebabkan resiko untuk memulai bisnis rendah. Hal ini lah yang menarik bagi member.

3. Sebagai pekerjaan sampingan
Karena prinsip kerjanya adalah sebagai distributor langsung maka secara logika kita tidak diwajibkan untuk menghabiskan waktu penuh kita untuk melakukan kegiatan distribusi. Kita bisa mempromosikan kapan pun dan dimanapun kita berada. Hal ini lah yang membedakan dengan sistem lain. Karena dapat dikerjakan sebagai sampingan tetapi bisa menghasilkan penghasilan yang luar biasa.

4. Waktu yang fleksibel
Seperti halnya penjelasan sebelumnya mengenai kelebihan sebagai pekerjaan sampingan. Hal ini juga membuat kita tidak menghabiskan waktu banyak untuk menjual barang atau jasa perusahaan MLM. Bisa dilakukan melalui on line atau yang lain.

5. Tidak membutuhkan pengalaman
Karena sistemnya mudah diduplikasi maka syarat utama yang diperlukan bagi member pemula adalah niat dan tekad. Tidak diperlukan keahlian lain,kecuali keahlian berbicara. Karena sistem sudah ada. Kalau Cuma berbicara,saya rasa semua bisa menjalankan, tinggal para leader memotivasi dan menyalurkan ilmu dengan baik kepada downline nya.

6. Bekerja di manapun
Hal ini berkaitan erat dengan kebebasan dalam penjualan. Kita bisa menjual produk ini dimanapun

7. Partisipasi Keluarga dan kerabat
MLM dapat membuat tali silaturahmi semakin erat, karena bisa ikut serta terlibat dalam bisnis ini

8. Berpotensi menghasilkan penghasilan tanpa batas
Hal ini yang dicari dari bisnis MLM, penghasilan tanpa batas. Bisa kita rasakan bila jaringan sudah kuat.

9. Kebebasan waktu untuk merasakan penghasilan 
Hal ini pula yang dicari dari bisnis MLM, kebebasan waktu. Bisa kita rasakan bila jaringan sudah kuat.

10. Dana Pensiun, 
Suka saya sebut sebagai pasive income. Hal ini juga sering dicari dari member, kenapa mereka bersungguh sungguh menjalankan bisnis ini, karena inilah kekuatan pikiran mereka terbentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar